Apa itu sehat?

Posted by on October 16, 2013 in Artikel | 0 comments

Sehat

Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Manusia yang sehat adalah manusia yang seimbang tubuh, jiwa dan rohnya. ‘Seimbang’ dalam hal ini adalah tiap-tiap bagian dari manusia melakukan peranannya secara harmonis – tidak berlebihan maupun kurang, dan dalam hubungannya dengan bagian yang lain juga harmonis – tidak meyakiti maupun disakiti.

Manusia adalah makhluk yang kompleks – hidup manusia tidak terlepas dari hubungannya dengan alam sekitarnya, manusia sekelilingnya, cara berpikirnya, pendidikannya, pekerjaannya, tuntutan hidupnya, kemauannya, imaginasinya, keyakinan yang dianut, dan masih banyak lagi, sehingga ada seribu satu alasan yang bisa mengganggu keseimbangan hidup manusia dan membuatnya sakit.

Mengapa Manusia bisa sakit?

Sakit adalah suatu keadaan dimana salah satu ataupun beberapa bagian tubuh manusia kerjanya tidak lagi harmonis maupun seimbang. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor :

1. Perubahan cuaca yang ekstrim
2. Kebiasaan makan yang salah
3. Rokok dan Alkohol
4. Tekanan hidup / tuntutan pekerjaan
5. Kurang tidur / istirahat tidak cukup
6. Gaya hidup tidak sehat
7. Bakteri dan Virus, dll

Dari beberapa faktor diatas, dapat diketahui bahwa penyebab manusia sakit bisa berasal dari dalam manusia itu sendiri dan juga dari luar manusia, yaitu alam dan lingkungannya.

Mengapa Akupunktur merupakan solusi terbaik untuk masalah kesehatan Anda?

Tubuh manusia sangatlah unik, karena memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Namun hal itu tidak selalu berhasil karena manusia suka ‘menyabotase’ dirinya sendiri, contohnya makan makanan berlemak sehingga pembuluh darah tersumbat dan muncullah kolesterol. Jika seluruh bagian tubuh memperoleh makanan (nutrisi) dan oksigen yang cukup, maka seluruh bagian tubuh mampu memulihkan dirinya sendiri. Nah masalahnya banyak pembuluh darah yang menyempit bahkan tersumbat, sehingga nutrisi dan oksigen tidak dapat tersalurkan ke bagian tubuh tertentu. Sekalipun bagian tubuh itu sehat, jika dalam beberapa waktu tidak mendapat suplai nutrisi dan oksigen yang cukup, maka akan menjadi sakit juga.

Akupunktur adalah suatu metode penyembuhan yang cara kerjanya ‘melancarkan yang tersumbat’. Manusia bisa hidup karena memiliki ‘nafas’ dan nafas merupakan suatu bentuk energi. Energi ini berjalan diseluruh tubuh manusia dan lebih terkenal dengan nama ‘Chi’. Kemanapun Chi berjalan, darah akan mengikutinya, dan dimana ada aliran darah dalam tubuh manusia, disana ada Chi. Jika perjalanan darah terhambat, maka Chi juga terhambat. Akupunktur bertugas memperlancar jalannya Chi. Jika Chi mengalir lancar dalam tubuh manusia makan secara otomatis darah yang berjalan mengikutinya juga lancar.

Namun dalam perkembangannya, akupunktur telah menunjukkan hasil yang luar biasa dari sekedar memperlancar jalannya Chi. Akupunktur adalah jurus jitu untuk menghilangkan rasa sakit, mengeluarkan angin, dan memperlancar proses metabolisme tubuh manusia.

Sensasi Akupunktur yang dirasakan

Penusukan jarum dalam akupuntur dilakukan pada titik-titik akupunktur. Titik-titik akupunktur adalah titik-titik yang tersebar di seluruh tubuh manusia dan memiliki efek bagi kesehatan manusia. Titik-titik ini memiliki nama dan fungsinya masing-masing. Saat jarum dimasukkan ke titik akupunktur, pasien akan merasakan sensasi berupa sengatan listrik, kebas maupun ngilu. Ketiga sensasi inilah yang diinginkan sebagai respon dari terapi akupunktur. Jika pasien dapat merasakan sensasi ini berarti kesembuhan sedang bekerja, namun jika tidak mampu merasakannya berarti penyakit yang diderita sudah termasuk parah.

Akupunktur bukan hanya diperuntukkan bagi orang sakit atau orang yang memiliki masalah kesehatan, namun juga sangat bagus bagi orang yang sehat untuk menjaga dan mempertahankan keseimbangan tubuhnya sehingga tetap sehat. Tidak ada pantangan makanan selama terapi akupunktur. Namun pasien harus mengontrol makanan berdasarkan pantangan dari penyakit yang ada padanya. Makanan sangatlah menentukan kesehatan seseorang. Ingat : “You are what you Eat!” (Anda adalah apa yang Anda makan)