Madu Putih

Posted by on September 16, 2013 in Artikel | 0 comments

madu putih

Madu putih adalah madu yang dihasilkan dari nektar dan tepung sari bunga kaliandra (Caliandra Sp). Nektar bunga dan tepung bunga kaliandra dikumpulkan oleh lebah dan diproses secara alami di dalam tubuh lebah sehingga menghasilkan madu putih. Hanya madu dari bunga kaliandra yang menghasilkan madu putih, karena proses biokimia warna bunga putih yang kaya akan senyawa fitokimia (zat warna tanaman dan mineral-mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh).

Satu sendok makan madu dapat memasok energi sebanyak 64 kalori. Setiap 1.000 g madu bernilai 3.280 kalori. Nilai kalori 1 kg madu sama dengan 50 butir telur atau 5.575 liter susu, atau 1.680 kg daging. Mereka yang paling panjang umurnya selalu mengonsumsi madu secara teratur. Suatu fakta yang menarik lainnya adalah peternak lebah terhindar dari kanker dan penyempitan pembuluh darah.

Madu putih mengandung bioflavonoid, merupakan senyawa antioksidan yang berguna untuk proses penyembuhan tubuh. Madu putih juga mengandung asam amino, vitamin dan mineral yang sangat lengkap serta mengandung enzim protease, amilase dan pektase (enzim pengurai senyawa protein, tepung, dan pektin) untuk melancarkan proses pencernaan. Madu putih sangat bermanfaat untuk dikonsumsi karena nilai nutrisinya yang sangat tinggi dan manfaat kesehatan yang sangat kita butuhkan yaitu :

Antibiotik yang sangat ampuh.

Untuk Kesehatan Madu dalam konsentrasi 30% hingga 50% fungsinya jauh lebih baik dari obat antibiotik. Madu kental menghentikan pertumbuhan bakteri Candida alba. Madu yang mengencer hingga 40% menjadi bersifat bacteridal (pembunuh bakteri), sehingga mampu berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur. Manfaat Madu ampuh melawan Salmonela shigela, E. Coli dan Vibrio cholera penyebab penyakit kolera yang telah merenggut jutaan penduduk dunia. Madu dapat mengobati luka infeksi setelah operasi, borok, obat untuk terapi pasca operasi pasien kanker vulva, luka jahitan dan pencangkokan kulit. Madu memperpendek masa hidup bakteri diare pada balita. Sebagai obat luka, madu mampu menyerap air pada luka, sehingga mencegah infeksi dan memperbaiki jaringan dengan cepat. . Menyembuhkan infeksi saluran kencing. Madu menembus luka dalam, dan membantu pembentukan butiran jaringan baru. Manfaat Madu menghentikan pertumbuhan organisme patogen pada pasien infeksi saluran kencing. Madu bersifat antibakteri karena keasaman alami dan hidrogen peroksida yang dihasilkannya. Konsumsi madu secara teratur memperkuat sel darah putih untuk melawan bakteri dan penyakit yang diakibatkan oleh virus.

Bagus bagi pencernaan dan merupakan sumber energi

Karena mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan, madu adalah sumber energi instan. Kandungan mineral madu dapat mengurangi derajat keasaman dan membantu mencegah pendarahan lambung. Gula dan mineral dalam madu berfungsi sebagai tonikum yang memberi sumber tenaga bagi jantung. Mengurangi efek yang ditimbulkan oleh racun. Madu yang langsung diambil dari sarangnya dapat meningkatkan berat badan., dan merupakan obat pencahar yang ringan. Madu bisa mengurangi berat badan dan membersihkan darah. Madu yang disimpan lama membantu metabolisme tubuh. Penderita maag, aman mengonsumsi madu. Madu bisa mengawetkan makanan. Kue-kue dengan menggunakan madu sebagai pengganti gula pasir akan lebih lama segarnya karena mengandung antibiotik alamiah. Penderita diabetes juga aman mengonsumsi madu, di bawah pengawasan dokter.  Sembelit bisa diatasi dengan madu.

Bagus bagi pernafasan dan tenggorokan

Madu mengatasi gangguan pernapasan, terutama untuk mengusir dahak atau cairan yang menyumbat saluran pernapasan. Madu adalah disinfektan ringan, sehingga mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Cairan manis ini juga bisa meningkatkan produksi saliva atau cairan ludah yang dapat membantu mengatasi tenggorokan yang kering atau teriritasi. Para penyanyi opera memanfaatkan madu untuk memelihara kondisi tenggorokan mereka agar bisa menyanyi dengan kualitas suara yang prima. Madu bisa menghilangkan gejala asma jika dikonsumsi dalam bentuk jus bersama bubuk lada hitam dan jahe. Selain mengatasi pilek, madu juga adalah obat untuk batuk.

Baik untuk Ibu dan Anak

Juice pepaya dicampur madu berkhasiat bagi pertumbuhan anak, ibu hamil dan memperlancar air susu ibu. Menambah tenaga pada saat kehamilan dan persalinan serta menguatkan janin. Campuran madu, jamu dan telur mempercepatkan proses penyembuhan luka dalam perut  atau rahim setelah melahirkan. Madu bisa digunakan untuk pembersih gigi dan gusi untuk anak-anak. Mengoleskan madu pada gusi bayi, maka madu menjadi obat penenang dan anestesia yang aman bagi bayi pada masa pertumbuhan giginya. Madu baik untuk anak-anak karena berfungsi sebagai desinfektan, memperbaiki susunan darah, meningkatkan kadar haemoglobin dan menambah nafsu makan. Madu yang bersifat penenang (sedatif) berguna untuk mengatasi ngompol pada anak-anak, disamping membuat tidur lebih nyenyak. Madu bermanfaat untuk mengobati cacingan, batuk, pilek dan demam pada anak-anak .

royal jelly

Meningkatkan kesuburan

Madu menambah kesuburan pria dan wanita. Madu mengatasi rasa pusing. Madu dipercaya sebagai aprodisiak atau pembangkit gairah seksual. Campuran air kelapa dan madu berkhasiat meniadakan akibat buruk dari gairah seks yang berlebihan.

Baik untuk darah, tulang, organ dan sistem saraf

Untuk menjaga tekanan darah, madu dikonsumsi bersama bawang putih. Madu mengobati penyakit anemia. Mengurangi rasa sakit ketika datang bulan. Osteoporosis bisa dicegah oleh madu, dan madu mepercepat penyembuhan keretakan / patah tulang. Madu baik untuk mata dan penglihatan. Madu sangat bermanfaat menormalisasi fungsi organ tubuh, dan menyegarkan kerja urat syaraf. Menguatkan fungsi hati dan mengobati sakit kuning. Jeruk peras ditambah madu dapat mengatasi gangguan jantung. Bagi pecandu alkohol, konsumsi madu dan jus buah-buahan dalam jumlah banyak dapat menghentikan ketergantungan. Penderita alergi di sebuah lingkungan, bisa disembuhkan dengan mengonsumsi sesendok madu setiap hari.

Untuk Kecantikan

Untuk kecantikan, madu adalah antioksidan yang mampu memperbaiki keindahan kulit, melembutkan dan membuat awet muda. Madu melembutkan bibir, melembapkan dan mencegah bibir mengering atau pecah-pecah. Madu bisa menghilangkan jerawat, noda dan flek hitam di wajah dan mencegah keriput. Madu menambah kesuburan rambut. Madu dapat mengobati luka terbakar, kulit yang terkena cipratan minyak panas, air panas atau knalpot motor.